Minggu, 30 Juni 2019

Tugas Peper Etika Bisnis



ETIKA BISNIS
NAMA : JUMITA BR SINAMBELA ( 17030250 )
RUANG/SEMESTER : B/IV
MATA KULIAH : ETIKA BISNIS
NAMA DOSEN : HILMIATUS SAHLA,SE.I,ME,I
PERTANYAAN :
1.     Jelaskan pengertian etika menurut bahasa anda ?
2.     Bagaimana cara perusahaan mendidik etika karyawannya ?
3.     Apa dampak yang akan terjadi jika etika tidak diterapkan secara maksimal dalam bisnis ?

(sumber:http://www.jurnal.id.blog)






ETIKA DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN
NAMA : JUMITA BR SINAMBELA ( 17030250 )
RUANG/SEMESTER : B/IV
MATA KULIAH : ETIKA BISNIS
NAMA DOSEN : HILMIATUS SAHLA,SE.I,ME,I
MATERI :
Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusahaan.
Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menadi :
a)      Lingkungan eksternal makro
b)      Lingkungan eksternal mikro
Ligkungan internal
            Adalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi produksi. Contoh :
1.      Tenaga kera
2.      Peralatan dan mesin
3.      Permodalan
4.      Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
5.      Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
MODAL DAN FAKTOR PENDUKUNG BERETIKA DALAM BISNIS
NAMA : JUMITA BR SINAMBELA ( 17030250 )
RUANG/SEMESTER : B/IV
MATA KULIAH : ETIKA BISNIS
NAMA DOSEN : HILMIATUS SAHLA,SE.I,ME,I
MATERI :
Modal Etika Bisnis :
1.      Immoral Manajemen
2.      Amoral Manajemen
3.      Moral Manajemen
Faktor Pendukung Etika Bisnis :
1.      Adanyakepedulian terhadap mutu kehidupan kera oleh manaer atau peningkatan
2.      Adanya Trust Crisis dalam public kepada perusahaan
3.      Mulai diterapkan punishment yang tegas terhadap skandal bisnis oleh pengadilan
4.      Adanya peningkatan kekuatan control dari SLM
5.      Tumbuhnya kekuatan publisitas oleh media.


(sumber:http://www.jurnal.id.blog.com)
PRINSIP DAN KODE ETIKA DALAM BISNIS
NAMA : JUMITA BR SINAMBELA ( 17030250 )
RUANG/SEMESTER : B/IV
MATA KULIAH : ETIKA BISNIS
NAMA DOSEN : HILMIATUS SAHLA,SE.I,ME,I
MATERI :
Topik-topik yang dujumpai dalam kode etik perusahaan :
1.      Prinsip-prinsip etika : kejujuran, keadilan, rasa kasih, integritas, reponsibilitas.
2.      Penghormatan terhadap hak dan kewajiban setiap pemangku kepentingan (stakeholders)
3.      Visi,misi dan kebiakan pokok yang terkait dengan hal di atas.
4.      Kerangka proses keputusan etis.
5.      Kapan perlu nasehat dan kapan siapa meminta nasehat.
6.      Topic-topik khusus untuk temuan diatas 5% yang berhubungan dengan karyawan, pemasok dan kode usaha patungan





ETIKA DAN PEMASARAN
NAMA : JUMITA BR SINAMBELA ( 17030250 )
RUANG/SEMESTER : B/IV
MATA KULIAH : ETIKA BISNIS
NAMA DOSEN : HILMIATUS SAHLA,SE.I,ME,I
MATERI :
            Menurut McCarthy, bauran pemasaran  merupakan perangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mengejar tuuan pemasarannya. Buruan pemasaran (marketing mix) atau dikenal dengan 4P meliputi;
1.      Product meliputi keragaman produk, kualitas, design, ciri, nama, merk dll
2.      Price  meliputi daftar harga, diskon, syarat kredit
3.      Place
4.      Promotion
5.       
(sumber:http://www.academia.edu)




JENIS-JENIS PASAR, ETIKA DALAM PASAR KOMPETITIF
NAMA : JUMITA BR SINAMBELA ( 17030250 )
RUANG/SEMESTER : B/IV
MATA KULIAH : ETIKA BISNIS
NAMA DOSEN : HILMIATUS SAHLA,SE.I,ME,I
MATERI :
Jenis-jenis pasar :
1.      Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya : pasar nyata, pasar abstrak
2.      Jenis pasar menurut cara transaksinya : pasar tradisional, pasar modern,
3.      Jenis pasar menurut jenis barangnya : pasar barang konsumsi, pasar sumber daya produksi
4.      Jenis pasar menurut waktunya : pasar harian, pasar mingguan, pasar bulanan, pasar tahunan, pasar temporer
5.      Jenis pasar menurut keleluasaan distribusi : pasar daerah, pasar local, pasar nasional, pasar internasional
6.      Jenis pasar menurut bentuk serta strukturnya : pasar pesaing sempurna, pasar pesaing tidak sempurna.
            Etika dalam pasar kompetitif  terjadi ketika umlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang seenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak.
(sumber:http://anetfuyukowordpress.com)
TANGGUNGJAWAB SISOAL PERUSAHAAN
NAMA : JUMITA BR SINAMBELA ( 17030250 )
RUANG/SEMESTER : B/IV
MATA KULIAH : ETIKA BISNIS
NAMA DOSEN : HILMIATUS SAHLA,SE.I,ME,I
MATERI :
1 Teori yang menjelaskan adanya tanggung jawab sosial perusahaan
Teori Agency : menjelaskan ada konflik kepentingan antara agen dan pemilik. Pemilik ingin mengetahui semua informasi di perusahaan termasuk aktifitas manaemen dan sesuatu yag terkait dana dalam perusahaan. Hal ini dilakukan untuk meminta pertanggungjawaban atas kinerja manajer. Untuk menghindari hal tersebut diperlukan akuntan publik yang mengevaluasi kinerja manajer.






PERSEFEKTI ETIKA BISNIS DALAM AGAMA ISLAM
NAMA                          : JUMITA BR SINAMBELA ( 17030250 )
RUANG/SEMESTER  : B/IV
MATA KULIAH          : ETIKA BISNIS
NAMA DOSEN            : HILMIATUS SAHLA,SE.I,ME,I
PERTANYAAN:
1.     Sebutkan prinsip-prinsip moral yang harus dipegang teguh oleh seorang pembisnis muslim!
2.     Apa hubungan etika bisnis dengan kinerja finansial?
3.     Jelaskan prinsip yang mendasari etika islam
4.     Jelaskan prinsip-prinsip etika bisnis menurut Al-Qur’an








PERAN SISTEM PENGATURAN, GOOD CORPORATE GOVERNANCE
NAMA : JUMITA BR SINAMBELA ( 17030250 )
RUANG/SEMESTER : B/IV
MATA KULIAH : ETIKA BISNIS
NAMA DOSEN : HILMIATUS SAHLA,SE.I,ME,I
PERTANYAAN:
1.      Sebutkan karakteristik Good Corporate Governance yang mempengaruhi satu dengan lain yang mengarah kepada kepada umum!
2.      Apakah ada partisipasi pemerintah dalam Good Corporate Governance dan jelaskan!
3.      Apa hubungan Good Corporate Governance dengan etika bisnis?
4.      Sebutkan nilai-nilai etika perusahaan yang sesuai dengan prinsip-prinsip GCG!
5.      Berikan contoh pelaksanaan kode etika yang harus dipatui oleh karyawan dan pemimpin!







PERILAKU BISNIS YANG MELANGGAR ETIKA
NAMA : JUMITA BR SINAMBELA ( 17030250 )
RUANG/SEMESTER : B/IV
MATA KULIAH : ETIKA BISNIS
NAMA DOSEN : HILMIATUS SAHLA,SE.I,ME,I
PERTANYAAN:
1.      Apa dampak negatif jika etika tidak di terapkan secara maksimal dalam lingkungan bisnis?
2.      Adakah sanksi dalam etika normative?
3.      Mengapa etika sangat penting dalam bisnis dan berikan contoh peranan pada kasus di Indonesia!
4.      Apakah etika dalam bisnis memiliki bagian? Jika ada coba jelaskan!







MASALAH-MASALAH POKOK YANG TERJADI DALAM ETIKA BISNIS
NAMA : JUMITA BR SINAMBELA ( 17030250 )
RUANG/SEMESTER : B/IV
MATA KULIAH : ETIKA BISNIS
NAMA DOSEN : HILMIATUS SAHLA,SE.I,ME,I
MATERI:
Masalah-masalah pokok yang terjadi dalam etika bisnis:
1.      Adanya inovasi dan perubahan yang selalu terjadi, serta lapangan kerja yang semakin sedikit;
2.      Pasar dan pemasaran: adanya monopoli dalam pasar akan menyebabkan keadaan distorsi pasar;
3.      Pengurus dan gaji direksi: kepengurusan adalah bagian yang bertanggung jawab terhadap barang dan dana orang lain. Maka perusahaan wajib melaksanakan kepengurusan manajemen dengan baik;
4.      Tantangan multinasional: untuk dapat meningkatkan kewajiban bagi perorangan dan industry untuk dapat menerapkan kode etik baik secara internal maupun eksternal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Peper Etika Bisnis

ETIKA BISNIS NAMA : JUMITA BR SINAMBELA ( 17030250 ) RUANG/SEMESTER : B/IV MATA KULIAH : ETIKA BISNIS NAMA DOSEN : HILMIATUS SA...