Sabtu, 13 April 2019

Pasar dan Perlindungan Konsumen

MAKALAH ETIKA DAN PEMASARAN

D
I
S
U
                                                                             S                                
U
N
OLEH
·         JUMITA BR SINAMBELA ( 17030250 )
RUANG/SEMESTER : B/IV
MATA KULIAH : ETIKA BISNIS
NAMA DOSEN : HILMIATUS SAHLA,SE.I,ME.I
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS ASAHAN




KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa Karena atas rahmatNya kami kelompok 3 dapat menyelesaikan makalah ini sebagai tugas dari dosen mata kuliah Etika Bisnis. Selain itu makalah ini dibuat agar kiranya dijadikan sebagai bahan pembelajaran mengenai Etika dan Pemasaran.
Dengan selesainya makala ini, pembicara diharapkan mampu memahami tentang etika dan pemasaran dalam bisnis. Kami menyadari banyak sekali kekurangan baik dari segi tata bahasa maupun cara penyampaian. Untuk itu besar harapan kami jika ada kritik dan saran yang membangun untuk menyempurnakan isi makalah ini kami terima dengan senang hati.



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR......................................................................... i
DAFTAR ISI......................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN..................................................................... 1
1.1  LATAR BELAKANG ....................................................................  1
1.2  RUMUSAN MASALAH ................................................................  2
1.3  TUJUAN........................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN...................................................................... 3
2.1 Pasar Dan Perlindungan Konsumen.................................................. 3
2.2 Tanggung jawab terhadap produk..................................................... 4
2.3  Etika iklan........................................................................................ 5
2.4. Privasi Konsumen............................................................................. 6
2.5  Multimedia etika bisnis.................................................................... 6
BAB III PENUTUP.............................................................................. 8
3.1  KESIMPULAN............................................................................... 8
3.2 SARAN............................................................................................. 8
3.3 DAFTAR PUSTAKA ......................................................................  9

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
The American Marketing Association mendefinisikan pemasaran (marketing) sebagai jantung dari kegiatan bisnis : fungsi organisasional dan seperangkat proses untuk menghasilkan, mengkomunikasikan, dan mengantarkan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan sedemikian rupa sehingga memberikan keuntungan bagi organisasi dan para pemegang kepentingannya.
Konsep sebuah pertukaran antara seorang pembeli dan penjual sangatlah sentral terhadap pasar dan merupakan ide inti di balik pemasaran. Pemasaran melibatkan semua aspek dari menghasilkan sebuah produk atau jasa dan membawanya ke pasar di mana pertukaran dilakukan. Dengan demikian etika pemasaran memeriksa tanggung jawab yang berkaitan dengan membawa sebuah produk ke pasar, mempromosikan produk kepada pembeli, dan mempertukarkannya dengan pembeli.


1.2  RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dimaksud pasar dan perlindungan konsumen ?
2.      Bagaimana tanggung jawab terhadap produk ?
3.      Etika iklan dalam bisnis ?
4.      Apa maksud privasi konsumen ?
5.      Bagaimana multimedia etika bisnis ?

1.3  TUJUAN
Untuk memahami pasar dan perlindungan konsumen dan etika iklan dalam bisnis.

  

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pasar Dan Perlindungan Konsumen
Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Menurut ilmu ekonomi, pasar berkaitan dengan kegiatannya bukan tempatnya. Ciri khas sebuah pasar adalah adanya kegiatan transaksi atau jual beli.
Pasar memiliki tiga fungsi utama yaitu:
1)      Fingsi distribusi : Pasar berperan sebagai penyalur barang dan jasa dari produsen dan konsumen dalam transaksi jual beli.
2)      Fungsi pembentukan harga : di pasar penjual yang melakukan permintaan atas barang yang dibutuhkan.
3)      Fungsi promosi : pasar juga dapat digunakan untuk memperkenalkan produk baru dari produsen kepada calon konsumen.
Jenis-jenis pasar menurut fisiknya:
·         Pasar konkret (Pasar nyata )
·         Pasar abstrak ( Pasar tidak nyata )
Jenis-jenis pasar menurut waktunya:
·         Pasar harian
·         Pasar mingguan
·         Pasar bulanan
·         Pasar tahunan
Jenis-jenis pasar menurut barang yang di perjualbelikan:
·         Pasar barang konsumsi
·         Pasar sumber daya produksi
Jenis-jenis pasar menurut luas kegiatannya:
·         Pasar setempat
·         Pasar daerah
·         Pasar Nasional
·         Pasar Internasional
Perlindungan konsumen adalah perangkat hukum yang diciptakan untuk melindungi dan terpenuhinya hak konsumen . Sebagai contoh, para penjual diwajibkan menunjukkan tanda harga sebagai tanda pemberitahuan kepada konsumen.

2.2 Tanggung jawab terhadap produk
            Produsen yang pada awalnya menerapkan strategi product oriented dalam pemasaran produknya harus mengubah stratenginya menjadi consumer oriented. Tidak dapat dipungkiri bahwa barang-barang yang tersedia untuk konsumen tidak selamanya berada dalam kondisi yang baik dengan kata lain cacat.
Produk harus diproduksi dengan keyakinan menjaga keselamatan pelanggan. Label peringatan harus ada  guna mencegah kecelakaan karena salah dalam penggunaan dan adanya efek samping.
Tanggung jawab yang dimiliki perusahaan terhadap konsumen adalah :
·         Memberikan garansi
·         Menyediakan barang dan jasa yang berkualitas
·         Memberikan informasi yang benar mengenai barang dan jasa yang akan dijual
·         Memberikan harga produk dan jasa yang adil dan wajar.

2.3  Etika iklan
Dalam periklanan, etika dan persaingan yang sehat sangat diperlukan untuk menarik konsumen. Tidak adanya etika dalam beriklan akan sangat merugikan bagi masyarakat, selain itu juga bagi ekonomi suatu negara. Secara tidak sadar iklan yang tidak beretika akan menghancurkan nama mereka sendiri bahkan negaranya sendiri. Saat ini banyak kita jumpai iklan- iklan di media cetak dan media elektronik menyindir dan menjelek-jelekkan produk lain. Memang iklan tersebut menarik, namun sangat tidak pantas karena merendahkan produk saingannya. Banyak sekali iklan yang tidak beretika dan tidak sepantasnya untuk di iklankan. Makin tingginya tingkat persaingan menyebabkan produsen lupa atau bahkan pura-pura lupa bahwa iklan itu harus beretika. Banyak sekali yang melupakan etika dalam beriklan. Iklan sangat penting dalam menentukan posisi sebuah produk.
Ciri-ciri iklan yang baik:
·         Etis : berkaitan dengan kepantasan
·         Estetis : berkaitan dengan kelayakan
·         Artistik : bernilai seni sehingga mengandung daya Tarik.

Etika secara umum:
·         Jujur
·         Tidak memicu konflik
·         Tidak mengandung hal yang negatif
·         Tidak bertentangan dengan norma-norma yang berlaku
·         Tidak melanggar etika bisnis
·         Tidak plagiat

2.4. Privasi Konsumen
Privasi adalah kemampuan suatu individu untuk melindungi kehidupan dan urusan personal dari publik, atau untuk mengontrol arus informasi mengenai diri mereka.
Privasi Konsumen yaitu kepercayaan konsumen mengenai kinerja pihak lain dalam suatu lingkungan selama transaksi atau konsumsi.

2.5  Multimedia etika bisnis
Salah satu cara pemasaran yang efektif adalah melalui multimedia. Bisnis multimedia berperan penting dalam menyebarkan informasi, karena multimedia is the using of media variety to fulfill commu¬nications goals. Elemen dari multimedia terdiri dari teks, graph, audio, video, and animation.Bicara mengenai bisnis multimedia, tidak bisa lepas dari stasiun TV, koran, majalah, buku, radio,internet provider, event organizer, advertising agency, dll. Multimedia memegang peranan penting dalam penyebaran informasi produk salah satunya dapat terlihat dari iklan-iklan yang menjual satu kebiasaan/produk yang nantinya akan menjadi satu kebiasaan populer. Sebagai saluran komunikasi, media berperan efektif sebagai pembentuk sirat konsumerisme.
Etika berbisnis dalam multimedia didasarkan pada pertimbangan:
1.      Akuntabilitas perusahaan, di dalamnya termasuk corporate governance, kebijakan keputusan, manajemen keuangan, produk dan pemasaran serta kode etik. Tanggung jawab sosial, yang merujuk pada peranan bisnis dalam lingkungannya, pemerintah lokal dan nasional, dan kondisi bagi pekerja
2.      Hak dan kepentingan stakeholder, yang ditujukan pada mereka yang memiliki andil dalam perusahaan, termasuk pemegang saham, owners, para eksekutif, pelanggan, supplier dan pesaing.
3.      Etika dalam berbisnis tidak dapat diabaikan, sehingga pelaku bisnis khususnya multimedia, dalam hal ini perlu merumuskan kode etik yang harus disepakati oleh stakeholder, termasuk di dalamnya production house, stasiun TV, radio, penerbit buku, media masa, internet provider, event organizer, advertising agency, dll.



BAB III
PENUTUP
3.1  KESIMPULAN
Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa.
Perlindungan konsumen adalah perangkat hukum yang diciptakan untuk melindungi dan terpenuhinya hak konsumen .
Dalam periklanan, etika dan persaingan yang sehat sangat diperlukan untuk menarik konsumen. Karena dunia periklanan yang sehat sangat berpengaruh terhadap kondisi ekonomi suatu negara. Sudah saatnya iklan di Indonesia bermoral dan beretika. Berkurangnya etika dalam beriklan membuat keprihatinan banyak orang.

3.2 SARAN
            Beberapan saran yang bisa kami berikan adalah:
a)      Pemerintah dan masyarakat lebih cerdas menyaring informasi dari iklan produk yang telah keluar dari alur etika.
b)      Biro iklan lebih bijak dalam memproduksi iklan,
c)      Pemerintah bekerjasama dengan masyarakat dan produsen menegakan dan melakukan reward and punishment berkaitan dengan etika dan prilaku.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Peper Etika Bisnis

ETIKA BISNIS NAMA : JUMITA BR SINAMBELA ( 17030250 ) RUANG/SEMESTER : B/IV MATA KULIAH : ETIKA BISNIS NAMA DOSEN : HILMIATUS SA...